Daftar Blog Saya

Sabtu, 22 Mei 2010

APA AJA TENTANG HAMSTER

Ragam Jenis Hamster

Hingga saat ini hamster yang sudah dipelihara manusia hanya sejumlah lima jenis sbb;
• Hamster Mini Campbell - Hamster ini memiliki gerakan yang tidak terlalu cepat. Jarak antara mata, telinga, dan hidung seimbang. Hamster campbell memiliki kepala yang berbentuk segitiga sama sisi karena bentuk tulang pipinya melebar ke samping. Telinga terlihat besar dan tinggi. Warna dan corak bulu tubuhnya lebih banyak dan paling beragam dibandingkan dengan winter white. Dibandingkan dengan hamster mini lainnya pun, hamster campbell memiliki warna paling indah dengan variasi yang paling banyak. Keempat kaki dari dagu sampai leher bagian bawah ditumbuhibulu berwarna putih.
Setelah dewasa, tubuh hamster ini tampak gepeng, seolah olah merunduk rata mendekati tanah. Temperamennya tidak setenang winter white, tetapi tidak segesit roborovski. Hamster betina tampak lebih aktif bergerak dibandingkan dengan jantannya.. Pada.dasarnya, hamster campbell bersifat sosial dan senang hidup berkelompok. Jika digabungkan dengan sesamanya sejak kecil, mereka dapat hidup damai.

Bagaimana cara merawat hamster campbel yang lagi ngelahirin?
11 hari yang lalu gue beli sepasang hamster cambel (tanggal 11 april 2010) , yang betina udah duluan hamil sehingga harganya agak mahal . sekarang udah nglahirin 2 ekor . gue kasih alasnya pake potongan kertas koran dan gue juga nambahin tissu biar hangat . boleh gak sih alasnya pake potongan kertas dan tissu? trus hamster harus diberi makanan apa? dikasih sayuran boleh gak ya? tolong segera dijawab plis! thanks ya!
; tidak masalah alasnya mau apa, tp jika alasnya adalah serbuk kayu, pasti dia akan merasa lebih hangat dan ini diperlukan jika hamster pada masa menyusui..yg pst pd waktu menyusui, pisahkan dari bapaknya, biar ibu dan anaknya bisa menyendiri, dan jgn sekali2 menyentuh anaknya..ia akan langsung mengenali jika anaknya sudah berbeda bau..dan jangan sering2 diliatin, akan merasa terganggu, akhirnya kerjaannya hanya lari sana lari sini sambil gendong lari anak-anaknya..kasih dia makan 4x sehari..dan jgn lupa air aquanya..soalnya ibu hamster gampang terkena dehidrasi sewaktu menyusui..jgn waktu setelah nyusui ibu hamsternya jd kurus..kasih makan bisa wortel ataupun touge atau buncis..hamster jenis apapun selalu suka akan 3 makanan ini..dan pastinya plg sehat di antara semua makanan yg bisa dia makan..jgn coba2 kasih coklat/buah beraroma citrus, seperti jeruk. kalau ingin kasih makan buah, kasihlah apel..mungkin itu aja pengalaman saya..jika ingin lebih lengkapnya bisa cari di google, ketik kata kunci cara perawatan hamster..



KAPAN ANAK HAMSTER DI PISAHKAN DARI INDUKNYA?
Waktu umurnya sekitar 3-4 minggu..
kalau langsung dipisah, anak-anak hamsternya makan adri mana?
pokoknya sampai anak-anaknya bisa makan-makanan lain, minum air bersih..
Tergantung jenisnya juga, sih.

Soalnya air susu induk hamster memang benar-benar gak bisa digantiin...
mau susu sapi, susu khusus kucing, apalagi susu kental manis.

tapi kalau sudah agak besar, memang harus dipisah jangan sampai induknya rebutan makanan atau merasa terancam.
jangan sampai induknya kelaparan, nanti anak hamsternya dimakan.
jaga juga supaya induknya nggak merasa terancam, anak-anaknya juga bisa dimakan.

Saya mau tanya tentang anak-anak hamster campbell....?
senior hamster, saya mau tanya soal per-hamster-an... maklum, saya masih baru kalo soal hamster, dan saya juga tinggal jauh dari kota. jadi, kalo ada saran buat beli misalnya vitamin atau apa, tolong dikasih tau alternatifnya. karena gak semua bisa di dapet di kotaku... dan mungkin bisa saya usahakan, tapi tentu saja memakan waktu... lagipula pet-shop juga gak nyediain lengkap. kalo pun ada, pasti harganya mahal...

1. umur hamster saya baru 11 hari (lahir tanggal 6 feb kemaren), sekarang udah buka mata. saya bingung, apa gak kecepetan tuh? soalnya kata orang-orang biasanya hamster buka mata paling cepet umur 2 minggu, a.k.a 14 hari.

2. umur berapa hamster bisa disapih? sekarang hamster saya udah bisa makan sendiri, tapi kayaknya blom bisa minum sendiri (saya gak pernah liat). trus, gimana cara nyapihnya? apa perlu alat bantu tambahan? darimana bisa dapet alat itu?

3. umur berapa hamter bisa digabungin dengan hamster yang lain? setelah lahir sampe 11 hari, hamster g cuman sekandang sama emaknya (bapaknya sama istri lain di kandang berbeda). jadi, biar anak hamster g bisa nikmatin kandang gede yang full mainan... dan gak terus-terusan di kandang buat lahir-an aja. lagi pula, biar emaknya bisa kawin lagi sama bapaknya.

4. umur berapa anak hamster bisa dipegang? sekarang g masih blom berani pegang....

5. bagaimana bikin hamster jinak? kebetulan ada anak hamster baru, jadi kan makin gampang di latihnya...

jawab: 1. menurutku ga papa, hamstermu udah buka mata tapi belum melek 100% kan pastinya. klo ga ada tanda2 keanehan di matanya ya menurutku itu wajar2 aja koq.......

2. anak hamster campbell udah bisa disapih saat umurnya udah 3 minggu. klo umurnya udah segitu, biasanya hamster udah bisa makan sendiri. coba kmu kasih biji sawi (bentuknya bulat kecil2 bgt warna hitam). biji sawi mengandung banyak protein n karena bentuknya yg kecil2, maka memudahkan bagi anak hamster untuk mulai makan biji2an. klo minumnya sementara bisa kamu kasih tauge dulu klo hamsternya belum bisa minum dr botol. cara nyapihnya ya tinggal dipisahin aja di kandang yg berbeda dengan induknya. jangan lupa kasih serbuk kayu yg lebih banyak biar mereka merasa hangat.......

3. sebaiknya anak hamster yg udah disapih disatukan aja dengan hamster yg seumuran soalnya klo digabungin dengan yg umurnya udah beda jauh ntar bisa pada berantem. induk betina udah bisa digabungin sama induk jantan setelah anak2nya udah disapih. tapi sebaiknya beri jeda 1-2 bulan untuk hamster betina agar yg jantan ga mengawininya dulu soalnya induk betina butuh waktu untuk memulihkan kondisinya setelah hamil/melahirkan/merawat anak2nya.......

4. anak hamster udah boleh dipegang klo di badannya udah tumbuh bulu. klo campbell sekitar 3 minggu udah bisa dipegang.......

5. klo mau bikin hamster cepet jinak, harus dibiasakan sejak kecil (umur 1 bulan) hamsternya harus sering2 dipegang supaya dia kenal "bau" tangan pemiliknya sehingga klo dia udah ga asing dengan bau tangan kita, dia ga akan menggigit klo kita pegang dia. klo umurnya udah lebih 2 bulan baru mau dijinakin, baisanya agak susah untuk menjinakinnya karena karakternya udah terbentuk, jadi agak susah untuk mengubah karakternya klo misalnya dia suka menggigit.......

Tips Merawat Kandang Hamster
Lha, kok saya ngasi tips ngerawat kandangnya? Hehe… iya nih, ngasi tips ngerawat kandang dulu, baru deh ngasi tips ngerawat hamsternya. Soalnya, banyak orang yang beli hamster tanpa mikirin kandangnya. Padahal kandang itu kan sama berartinya kaya rumah bagi kita, manusia.
Nah, pertama-tama untuk ukuran kandang usahakan ga terlalu kecil. Hamster itu sukanya lari-lari sana sini, jadi kalo kandangnya sempit otomatis ruang geraknya juga sempit. Trus, kalo kandangnya sempit berarti sirkulasi udara di dalam kandang juga kurang bagus. Usahakan beli kandang yang dari besi (berjeruji), jangan yang tertutup soalnya nanti si hamster sesek napas atuh….
Hamster juga doyan banget pipis n pup sembarangan. Itu kenapa kita harus jaga biar mereka ga basah karna pipisnya itu. Caranya, beli aja serbuk kayu atau pasir untuk alas di kandangnya, biar pipisnya diserap. Bagusan sih pasir yah, soalnya ga sekali pake. Memang harganya mahal, tapi kalo dibersiin pake antiseptik trus dijemur, bisa dipake lagi kok. Bersiin kandangnya juga jangan kelamaan, minimal sehari sekali tuh lantai yang kotor diberesin, makanan sisa dibuang (kalo ga gitu bau busuknya bikin sumpek kandang), n juga bersiin raikkonennya. Kalo ganti alasnya sih cukup 3 hari sekali. Kalo ga gitu, hamsternya bisa bau pesing….
Hamster kan dari sononya memang uda bau, tapi jangan khawatir karna itu semua bisa diatasin. Coba beli pasir mandi untuk hamster. Biasanya sih ada aromaterapinya, entah apel, lavender, dsb. Harganya agak mahal ketimbang pasir alasnya, makanya kita harus irit makenya. Siapin aja 1 tempat buat hamster berguling2 di atas pasir mandinya. Ga perlu diajarin, si hamster pasti ngerti cara berguling2 di pasir
Tapi ga cukup lho kalo cuman bersiin alas kandangnya aja…. Kadang-kadang kita perlu cuci bersih kandangnya, kalo perlu pake antiseptik. Saya yakin, kalian-kalian yang piara hamster pasti menyempatkan waktunya minimal 30 menit per hari untuk main-main ama hamsternya. Iya kan??? Jadi, ga susah dong buat sekalian bersiin kandang plus maen-maen?
Bagaimana cara merawat hamster?
bahan dan alat:
1.serbuk kayu
2.makanan(hamsfood)
3.botol minum khusus hamster
4.mainan(roda putar)
5.rumah2an
6.litter box
7.kotak makanan

pertama beli kandang, lalu taburi serbuk kayu hingga 2-3 cm, letakkan litter box, roda putar, kotak makanan di dalam kandang, lalu letakkan hamster anda di sana.
untuk botol minum kaitkan di luar kandang tapi mulut botol letakkan di dalam kandang, kalau bisa beli kandang yang 2 tingkat agar di bawah tidak terlalu sempit, jika kandang 2 tingkat, letakkan rumah2an di tingkat ke 2. lalu anda bisa koordinatur sendiri letak barang2 yang hamster anda perlukan, rutin beri makan dan sering di ganti air minumnya,,

Bagaimana cara merawat hamster campbel yang lagi ngelahirin?
11 hari yang lalu gue beli sepasang hamster cambel (tanggal 11 april 2010) , yang betina udah duluan hamil sehingga harganya agak mahal . sekarang udah nglahirin 2 ekor . gue kasih alasnya pake potongan kertas koran dan gue juga nambahin tissu biar hangat . boleh gak sih alasnya pake potongan kertas dan tissu? trus hamster harus diberi makanan apa? dikasih sayuran boleh gak ya? tolong segera dijawab plis! thanks ya!
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
tidak masalah alasnya mau apa, tp jika alasnya adalah serbuk kayu, pasti dia akan merasa lebih hangat dan ini diperlukan jika hamster pada masa menyusui..yg pst pd waktu menyusui, pisahkan dari bapaknya, biar ibu dan anaknya bisa menyendiri, dan jgn sekali2 menyentuh anaknya..ia akan langsung mengenali jika anaknya sudah berbeda bau..dan jangan sering2 diliatin, akan merasa terganggu, akhirnya kerjaannya hanya lari sana lari sini sambil gendong lari anak-anaknya..kasih dia makan 4x sehari..dan jgn lupa air aquanya..soalnya ibu hamster gampang terkena dehidrasi sewaktu menyusui..jgn waktu setelah nyusui ibu hamsternya jd kurus..kasih makan bisa wortel ataupun touge atau buncis..hamster jenis apapun selalu suka akan 3 makanan ini..dan pastinya plg sehat di antara semua makanan yg bisa dia makan..jgn coba2 kasih coklat/buah beraroma citrus, seperti jeruk. kalau ingin kasih makan buah, kasihlah apel..mungkin itu aja pengalaman saya..jika ingin lebih lengkapnya bisa cari di google, ketik kata kunci cara perawatan hamster..

Gimana sich cara merawat hamster kecil?
aku punya hamster udah 3x mati jenis ww,sekarang aku punya hamster campbell sepasang umur sekitar 1 bulan.gmana siy cara memelihara hamster seumuran segitu?
jawaban Terbaik - Dipilih oleh Penanya
merawat hamster sebenernya gampang, hanya perlu kasih sayang, kasih makan dan minum yg sepantasnya, dan berisihin kandang 1 minggu skali..

ingin tau lebih banyak lagi ttng hamster ke sini aja: http://loveforyourpet.blogspot.com
ada ttng hamster, dll .

Tips Memelihara Hamster

Memelihara hamster katanya susah. "Dua kali beli, dua kali mati," kata teman Raisa yang dibenarkan oleh Mamahnya. "Kalau tidak bisa memelihara cepat mati," kata Omang kemarin waktu berkunjung ke rumahku di Kalibata.

Saya sendiri tidak merasa susah memelihara hamster. Awalnya, beberapa bulan lalu Shemissa membeli hamster kecil warna putih. Setelah agak besar perangainya menjadi agak galak dan suka menggigit. Kami sekeluarga lalu pergi ke Jl. Barito untuk melihat-lihat berbagai jenis hamster yang dijual di sana. Ternyata, hamster yang dibeli Shemissa adalah hamster lokal yang panjangnya kalau sudah besar bisa mencapai 10 cm.

Kemudian saya membeli sepasang hamster, yang menurut penjualnya dari jenis Dominant Spot. Ciri-cirinya: (i) ada garis tengah warna hitam dari kepala hingga mendekati buntut, (ii) ada 3 kombinasi warna, yaitu hitam, coklat, dan putih, (iii) jinak dan tidak menggigit --tidak seperti jenis campbell atau hamster lokal, (iv) ukurannya tergolong sangat kecil dengan panjang dari depan hingga ekor hanya sekitar 5 centimeter sehingga nampak lucu.

Pasangan hamster itu kini sudah beranak-pinak. Pertama pada tanggal 25 Desember 2007, si Momo, nama yang diberikan oleh Shemissa, melahirkan beberapa ekor. Pas ketahuan melahirkan, beberapa bayi hamster sudah dimakan oleh induknya. Ada 2 kepala bayi hamster yang tergeletak di tengah kandang. Saat itu saya belum tahu bagaimana cara merawatnya.

Saya langsung konsultasi dengan penjualnya. Kata dia, kalau induknya stres memang suka memakan bayinya. Saran dia, langkah awal pisahkan dulu dari induknya yang jantan. Lalu saya beli satu kandang lagi, aquarium ikan hias yang ukurannya kira-kira panjang 40cm lebar 30cm dan tinggi 25 cm.

Induk betina beserta 4 ekor anaknya yang tersisa saya pisahkan ke kandang baru itu. Saya beri potongan kain dan makanan yang cukup untuk beberapa hari. Saya letakkan di pojok rumah dan saya tutup luarnya dengan kain lebar, biar suasanya gelap seperti di terowongan sesuai kehidupan aslinya.

Beberapa hari kemudian saya tengok, anaknya tinggal 2 ekor. Dua ekor ini , satu jantan dan satu betina, kemudian tumbuh besar hingga sekarang. Yang betina malah sudah melahirkan 4 ekor pada 27 Pebruari lalu.

Sementara itu, induk betina yang pertama saya beli, si Momo, sudah memberikan anak lagi pada 25 Januari 2008 sebanyak 7 ekor (2 ekor sudah dijual oleh Shemissa kepada teman-temannya dan 2 ekor diminta Dita), dan pada 25 Pebruari melahirkan lagi sebanyak 7 ekor.

Saat ini, di rumah ada 11 ekor bayi hamster yang lucu-lucu.
***

Bagaimana sih cara merawat hamster agar bisa bertahan hidup dan beranak-pinak seperti itu? Beberapa tips memelihara hamster bisa saya sebut sebagai berikut:
• Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamster sebagai alasnya. Pasir ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Pasir ini juga bisa dipakai hamster untuk mandi sehingga bulunya terlihat rapih, kering, dan tidak bau.
• Ganti pasir ini setiap minggu atau 2 minggu sekali dengan pasir baru. Setelah seminggu atau dua minggu, pasir ini akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika mau sedikit repot, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang.
• Cara mencucinya, pasir bekas pakai tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga mudah untuk dibuang dan dipisahkan dari pasirnya.
• Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk makanan, saya memberi kuaci atau tumbukan kacang tanah yang sudah dikupas kulitnya. Untuk minuman, sesuai saran penjualnya, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah (tauge) setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Banyak orang memberi minum dengan air sehingga kandang menjadi basah dan hamster mudah sakit dan mati.
• Tambahkan makanan baru hanya jika makanan yang sudah ditaburkan atau disediakan di tempat makanan sudah habis termakan. Ini untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang.
• Jika induk betina melahirkan, pisahkan dari hamster pejantan atau hamster lainnya, dan perbanyak makan kecambah. Ciri-ciri hamster betina yang akan melahirkan terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit dan si induk seperti gelisah mondar-mandir dalam kandang dengan tingkat keaktifan yang lebih tinggi dari biasanya. Jangan lupa beri potongan kain untuk membuat sarang buat bayi-bayi hamster yang akan dilahirkan.

Tips Merawat Hamster yang Melahirkan

Banyak orang yang salah dalam menangani hamster yang selesai melahirkan dan akibatnya anak-anak hamster yang baru dilahirkan kadang di makan induknya ataupun gak diurusi oleh sang induk kadang juga menyebabkan si induk meninggal karena kekurangan makanan yang cukup. Berikut tips-tips dalam merawat hamster yang melahirkan :
1. Sebelum hams nya melahirkan sih seharusnya dipisahkan dengan yang jantan. Karena beberapa kasus kadang si jantan memakan anak-anak nya dan juga kadang ada yang ikutan merawat si anak-anaknya. Menurut saya sih lebih baik dipisahkan saja dari pada nanti kenapa-kenapa.
2. Tempatkan kandangnya di tempat yang jarang orang lewati misalnya di sudut ruangan dan juga usahakan kandangnya terlihat gelap, bisa bagian atas kandangnya ditutupi kain tapi gak sampai menyeluruh supaya mendapatkan kesan gelap.
3. Jangan terlalu sering dilihat karena si induk akan merasa nyawanya terancam sehingga dia menjadi stress dan malah memakan anak-anaknya. Cukup ketika akan memberi makan saja.
4. Jika akan memindahkan si bayi, jangan memakai tangan secara langsung, gunakan media lain seperti sendok. Karena si ibu gak suka anak-anaknya tercium bau manusia sehingga dia tidak akan mengurusi anak-anaknya dan akan berujung kematian atau pun bisa juga akan memakan anak-anaknya.
5. Beri makan yang cukup kepada sang induk karena dia butuh makanan yang cukup untuk dirinya dan juga untuk menyusui anak-anaknya. Bisa juga ditambahkan makanan yang bervitamin lebih seperti Vitakraft
tips cara memelihara hamster
Kandang

Hal pertama yang kita perhatikan jika akan memelihara hamster adalah kandang, karena kandang merupakan tempat tinggal hamster sehari-harinya nanti, kandang ideal minimal berukuran antara 20X30 centimeter dan tinggi 20-30 centimeter dan jika menggunakan aquarium sebaiknya dibagian atasnya ditutup alasannya untuk mecegah hamster kabur atau tikus rumah masuk dan melahap hamster Anda. Jika Anda menggunakan kandang berjeruji besi, perhatikan jarak antar jeruji apakah bagus dan cukup rapat untuk hamster Anda. Hamster bisa ‘mengecilkan’ tubuhnya, membuatnya pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Elastisitas hamster ini patut Anda pertimbangkan
Ukuran kandang tersebut sebaiknya untuk sepasang hamster ukuran lebih besar lebih bagus karena hamster akan lebih leluasa dan mempercepat pertumbuhan hamster itu sendiri. Selain itu menurut pengalaman saya jika memelihara hamster, kandang yang terlalu padat memberikan dampak “ketidakbebasan” bagi hamster itu sendiri. Selain itu, tipe karakter hamster pun bermacam-macam layaknya manusia, ada yang agresif, hiperaktif, pemalas, pemalu bahkan buas. Jika memaksakan beberapa ekor hamster dalam satu kandang bisa mereka saja saling berkelahi bahkan membunuh. Apalagi saat musim kawin tiba, sebisa mungkin jauh-jauh hari sudah dipisahkan dan diberikan pasangan-pasangan. Kelak, saat musim kawin tiba lagi maka tidak saling berebut karena sudah mengenal pasangan mereka sebelumnya. Hamster termasuk tipe yang setia terhadap pasangannya, mereka mengenali pasangannya dari indra penciuman.
Hindari benda-benda berbahaya yang berbahaya untuk binatang. Kayu dari tumbuhan runjung ataupun tripleks tidak cocok untuk hamster, karena hamster akan mengerat kayu tersebut dan baik lem maupun resin beracun untuk mereka. Kandang yang dibeli dari toko bisa dilengkapi dengan beberapa tingkat, dihubungkan dengan tangga.
Temperatur normal hamster sebesar 18 sampai 26 °C (64 sampai 80 °F)

Serbuk kayu
Lantai dari tempat tinggal hamster biasanya dipenuhi dengan serbuk kayu. Serbuk kayu dibuat dari kertas atau kayu. Serbuk kayu banyak disediakan di mana-mana. Pilih yang tidak berbau bahan-bahan kimia. Terutama untuk serbuk lokal yang murah, kebanyakan serbuk kayu itu berasal dari serutan kayu bekas kayu perabot rumah tangga dan sudah diberi bahan-bahan kimia.
Disamping serbuk lokal, ada juga serbuk impor yang lebih mahal harganya. Tapi penggunaan serbuk ini tentu saja memuaskan. Serbuk kayu lebih kering, lebih bersih, bebas debu, lebih putih dan bebas bahan kimia berbahaya, hal ini menjamin keselamatan hamster dan juga memperindah bulunya(kelembaban bisa merusak penampilan bulu hamster).
Selain serbuk kayu kita juga bisa memanfaatkan rambut (bahasa jawa,red) atau kulit padi yang tidak ada berasnya lagi bisanya didaerah pedesaan yang masih banyak terdapat sawah, serbuk jenis ini banyak dijumpai dan harganya juga relative murah bahkan kita cukup memintanya saja dari pemilik penggilingan padi.
Ketebalan serbuk hamster yang baik adalah sekitar 2-3 cm dari permukaan kandang. Jika Anda tidak menggunakan serbuk Anda mungkin bertanya-tanya apa guna serbuk kayu ini:
1. Sebagai alas tidur.
2. Sebagai media penyerap kencing hamster. Bayangkan jika tidak ada sesuatu yang menyerap kencing hamster! Air kencing yang berbau itu akan menempel di bulu hamster dan merusak bulu indahnya dan membuatnya berbau tak sedap.
3. Sebagai tempat berlindung dari panas dan dingin. Anda tidak mungkin mengawasi dan menjaga hamster Anda setiap menit agar tidak kepanasan atau kedinginan kan? Jadi mereka membutuhkan sesuatu untuk tempat mereka berlindung jika udara menjadi ‘terlalu’ berlebihan buat mereka.
4. Sebagai bahan pembuat sarang. Oh iya hamster membuat sarang, biasanya di pojok-pojok favorit mereka. Sarang mereka berbentuk serbuk yang ditumpuk dengan lubang untuk tidur di tengahnya. Ibu hamster biasa meletakkan anak-anaknya dalam sarang ini!

Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.
Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!)
Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
• Apel,Pir,Pisang,Wortel
• Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
• Kentang (harus direbus dulu)
• Kacang tanah
• Kacang kulit
• Kacang mete
• Kacang almond
• Kacang kedelai
• Roti tawar
• Biskuit Cracker
• Oatmeal
• Corn Flakes
Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
• Selada
Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (bayam, dll)
• Ketimun
Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster:
• Jeruk dan semua bangsa citrus
• Cokelat
Makanan yang telah diberi bumbu

Binatang yang berukuran tak lebih dari 13 sentimeter ini, memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Hamster mulai bereproduksi ketika memasuki bulan ketiga. Sedangkan untuk jumlah anak yang dilahirkan, dari satu pasangan hamster Campbell bisa menghasilkan jumlah minimal empat ekor dan maksimal delapan ekor untuk masa kehamilan 12 hari.
Hamster melakukan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung dari spesiesnya, tetapi hal ini bisa dilakukan pada usia 1 bulan sampai 3 bulan. Hamster laki-laki tetap dapat melakukan pembuahan selama hidupnya, namun wanita tidak. Hamster betina mengalami estrus kira-kira setiap tiga hari.
Musim pengembangbiakan terjadi pada bulan April sampai Oktober, dengan 1 sampai 13 anak lahir setelah periode gestasi selama 13 sampai 22 hari. Gestasi terjadi 16 sampai 18 hari untuk hamster Suriah, 18 sampai 21 hari untuk hamster Rusia, 21 sampai 23 hari untuk hamster Tiongkok dan 23 sampai 30 untuk hamster Roborovski.
Setelah hamster wanita hamil, induk hamster akan membangun sarang dan mengumpulkan anaknya disana. Mereka tidak berambut,berwarna merah dan mata mereka tertutup dan sangat kecil. Setelah 1 minggu, mereka mulai berkeliling sarang mereka dan makan. Umur 2 minggu mereka mulai “melek”, Setelah 3 minggu, anak hamster bisa meninggalkan sarang mereka. Kecuali untuk hamster Roborvski, yang baru bisa keluar dari kandang dalam waktu 4 minggu. Biasanya, hamster laki-laki dan perempuan dipisah saat hamster wanita melahirkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Anak dari hamster juga tidak boleh dipegang, agar tidak dimakan oleh induk. Setelah satu minggu mereka mulai mengeksplorasi keluar sarang Mereka setelah berumur 3 minggu, atau 4 minggu untuk hamster Roborovski. Kebanyakan orang akan menjual hamster ke toko-toko ketika usia hamster 2 sampai 8 bulan.
“Hamster Campbell termasuk jenis yang buas. Jika anak yang baru dilahirkan disentuh tangan manusia maka ia akan memakan anak tersebut karena dianggap musuh. Campbell pun secara otomatis akan memakan anaknya yang cacat untuk menghidupi anaknya yang sehat dari nutrisi air susunya. Berbeda dengan hamster Winter White, meski tidak memakan anaknya seperti hamster Campbell, Winter White bisa saja tidak menyusui anaknya karena faktor air susu tidak keluar atau si anak ‘berbau manusia’. Jadi tidak semuanya bisa hidup,” ungkapnya yang juga memberikan pemahaman hamster pun mudah stress jika sering dilihat dan dipegang.
Pada saat anak hamster dilahirkan sebaiknya perhatika hal-hal berikut :
• Kebersihan kandang, kandang harus selalu bersih dan kering gantilah serbuk kayu seminngu sekali atau jika sudah terlalu kotor dan lembab.
• Makanan untuk induk jangan sampai telat karena jika telat bisa bisa anaknya dimakan ini merupakan faktor utama mengapa ada induk hamster memakan anaknya. Berilah makanan yang cukup mengandung air karena induk hamster menyusui maka ia kerap kehausan dan mencari makanan yang banyak mengandung air.
• Tidak perlu memberikan air minum karena malan akan membuat kandan basah dan cepat kotor, selain itu hamster juga bukan type binatang yang doyan minum. Sebab habitat aslinya yang berasal dari gurun dan daerah kering sehingga mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan minum mereka.
Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:
1. Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Apakah berbau menyengat? Apa Anda harus mengganti serbuk kayu setiap hari? Jika jawabannya iya, itu berarti hamster Anda mengalami masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.
2. Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Percayalah, ini hanya kebiasaan yang Anda atau pemilik sebelumnya tanamkan untuk hamster Anda! Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayangi nya bukan berarti memanjakannya!
3. Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik… Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.
4. Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.

Berikut adalah daftar ‘ketidaktahuan’ lain yang sering dilakukan dan mengakibatkan kematian hamster:
1. Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.
2. Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.
3. Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.
4. Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.
Topik: cara merawat Hamster melahirkan
Hamster Jenis Camble
1. Pisahkan Yang jantannya
2.Biarkan betina dan anak-anaknya ( betina akan menyusui anaknya)
3.berikan serbuk kayu atau potongan kain kecil-kecil ke dalam kandang.
4.Janagn di liatin karena membuat hamster yang melahirkan panik dan anaknya akan di makan atau di injak2.
5. Kandang jangan di bersihkan sampai usia anak 3 minggu.
6.Beri makan dan minum yg cukup


Memelihara Hamster untuk Pemula




Banyak orang tertarik untuk memelihara hamster karena jatuh cinta pada pandangan pertama. Biasanya kita tertarik pada hamster karena wajahnya yang lucu, bentuk tubuhnya yang mungil, tingkah lakunya yang menggemaskan, dan tentu saja, karena hamster bukan tikus! :) Lalu, setelah jatuh cinta, biasanya kita kebingungan apa yang harus kita lakukan kemudian supaya hamster bisa menjadi sahabat kita.
Sebelum Membeli
1. Sepele: Pastikan seluruh anggota keluarga bisa mencintai hamster. Tidak semua orang bisa menerima kehadiran binatang di dalam kehidupannya. Walau demikian, memang memelihara hamster memiliki berbagai keuntungan, diantaranya: perawatan mudah, tidak berisik, ongkos pemeliharaan relatif murah, dan terdapat beragam jenis hamster yang dapat dipilih - tentunya dengan harga yang beragam. Mengapa kesiapan mental untuk memelihara hamster perlu? Perlu diingat, hamster yang kita pelihara nanti tidak bisa mencari makan sendiri. Oleh sebab itu, minimal kita perlu untuk rutin memberi makan dan minum. Jika seluruh anggota keluarga tidak memiliki kesiapan mental untuk belajar memelihara hamster, biasanya akan berujung pada kematian hamster karena ketidak-tahuan pemilik.
2. Adakah anggota keluarga yang alergi terhadap bulu hewan? Pertanyaan ini penting. Beberapa orang tidak tahan terhadap bulu hewan dan bisa mengakibatkan reaksi alergi. Untuk pengidap alergi (kasus ini jarang terjadi dan baru tercatat di Inggris dan Amerika), mohon berhati-hati terhadap hamster siria berbulu panjang. Dalam beberapa kasus, pengidap alergi tidak tahan terhadap hamster siria bulu panjang. Jadi, pada waktu membeli coba pegang hamster siria bulu panjang tersebut. Bila menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya memelihara hamster siria bulu panjang hanya untuk dilihat, bukan dipegang. Normalnya, bulu hamster tidak akan rontok asal suhu ruang terjaga (sekitar 25 derajat Celcius). Diatas suhu kamar tersebut, bulu hamster dapat rontok dan dapat menjadi masalah serius bagi pengidap asma. Asalkan suhu ruang terjaga, hal ini tidak akan menjadi masalah. Penulis artikel ini memiliki penyakit asma dan sampai artikel ini ditulis belum pernah kambuh karena bulu hamster.
3. Beli di petshop atau peternak yang baik. Hamster sebenarnya relatif mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, ada beberapa peternak yang secara tidak bertanggung-jawab asal mengembang-biakkan. Akibatnya, banyak hamster yang genetikanya berantakan. Jika hanya pencampuran warna, ini tidak masalah. Namun sering kali terjadi perkawinan antar spesies, yang umum terjadi biasanya hamster champbell dikawinkan dengan hamster winter white. Makan penting untuk mengetahui jenis-jenis hamster, supaya tidak mendapatkan keturunan yang asal-asalan. Perkawinan antar spesies jugab beresiko untuk mendapatkan keturunan berikutnya yang cacat. Untuk referensi, dapat dilihat pada daftar peternak dan petshop yang telah disertifikasi oleh Klub Hamster Indonesia. Selain itu, dapat dilihat pada tempat penjualan, jika cukup terawat, kita bisa membeli di tempat tersebut.
4. Anggaran dan biaya. Beda jenis hamster, beda harga. Kadang hamster dengan warna sama dijual dengan harga yang berbeda di tempat yang satu dan lainnya. Jangan terpancing oleh harga murah. Peternak yang baik biasanya justru tidak mau banting harga, karena untuk mempertahankan kualitas hamster bukanlah pekerjaan mudah. Selain itu, pikirkan biaya bulanan untuk memelihara hamster. Biaya bulanan untuk serbuk kayu dan makanan untuk sepasang hamster biasanya sekitar 30.000 - 50.000 per bulan. Bisa juga lebih jika kita menghendaki segala sesuatunya ekstra mewah untuk hamster kita.
5. Tentukan tujuan memelihara: ingin hamster berkembang biak atau tidak? Tujuan ini penting ditetapkan sejak awal. Umur hamster rata-rata bisa mencapai 2-4 tahun, tergantung perawatan dan jenis. Masa subur hamster dimulai sejak umur sekitar 4-6 bulan. Selama dipelihara hamster bisa melahirkan 6 kali, dengan tiap kelahiran antara 3-15 ekor (rata-rata 6-8 ekor, untuk roborovski rata-rata 4 ekor). Dengan demikian, dalam satu masa hidupnya, hamster bisa melahirkan kurang lebih 6 x 8 ekor = 48 ekor! Jika kita tidak berniat untuk menjadi peternak, sebaiknya hanya memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama, untuk menghindari perkawinan. Jantan atau betina? Pada prinsipnya sama. Namun KHI lebih menyarankan untuk memelihara jantan. Mengapa? Karena hamster jantan lebih toleran terhadap sesamanya dan tidak agresif.
6. Mau spesies apa? Di Indonesia ada 4 spesies hamster yang umum dipelihara, yakni hamster siria (Mesocricetus auratus), hamster champbell (Phodopus champbelli), hamster winter white (Phodopus sungorus), dan hamster roborovski (Phodopus roborovskii).
o Hamster siria memiliki bentuk tubuh yang paling besar sekaligus paling cepat dijinakkan. Hamster siria juga gerakannya lambat dan jarang menggigit sehingga cocok untuk dipelihara anak-anak. Perlu diperhatikan, karena memiliki badan yang lebih besar, berarti membutuhkan kandang yang lebih besar dan makanan yang lebih banyak. Catatan penting untuk hamster ini: status vulnerable (terancam). Pastikan hamster ini tidak akan mati sia-sia di tangan Anda.
o Hamster champbell termasuk dalam hamster mini. Termasuk hamster yang agak susah dijinakkan. Hamster ini mengenali lingkungan sekitarnya dengan menggigit kecil alih-alih untuk mengicipi. Jadi wajar jika hamster jenis ini sering menggigit jari kita. Walau demikian, jika sering dipegang, hamster ini tidak akan menggigit tuannya lagi. Hamster ini memiliki variasi warna yang paling banyak.
o Hamster winter white memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan champbell. Winter white adalah saudara dekat champbell. Sering kali jenis ini dikwainkan oleh peternak dengan hamster champbell. Hal ini bukanlah tidakan bijak. Anda juga sebaiknya tidak mencampur hamster champbell dengan winter white. Tindakan ini hanya akan merusak kode genetik asli pada hamster. Mengapa disebut winter white? Karena pada musim dingin (di Indonesia musim hujan; sekitar bulan Desember sampai Februari) hamster jenis ini warnanya akan cenderung berubah keputih-putih-an. (Winter White = turn into white on winter). Hamster jenis ini jarang sekali menggigit, namun harnganya biasanya lebih mahal. Jika memiliki anggaran yang cukup besar, hamster jenis ini cocok dipelihara untuk anak-anak.
o Hamster roborovski memiliki tubuh yang paling mungil namun larinya paling cepat. Jika terlepas, hamster ini relatif lebih sulit ditangkap. Hanya ada 2 variasi warna: normal dan white face. Hamster jenis ini memiliki kumis yang sangat banyak. Roborovski white face memiliki wajah dan warna bulu yang jauh lebih putih dan terang dibandingkan roborovski normal. Hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula.
7. Kandang dan perlengkapan. Untuk memelihara hamster tidak diperlukan kandang khusus. Untuk mengetahui spesifikasi kandang dapat dilihat di halaman berikutnya.
8. Transportasi hamster. Pikirkan bagaimana hamster akan dibawa pulang. Ingat: hamster tidak tahan panas, angin kencang, dan air. Jadi, selama perjalanan, pastikan hamster terhindar dari ketiga hal tersebut. Waktu yang baik untuk membawa hamster adalah pagi, sore, atau malam hari. Tidak disarankan untuk membawa hasmter pada siang hari. Usahakan pada saat cuaca cerah. Lebih baik jika membawa hamster menggunakan kontainer khusus dimasukkan tas kain yang di dalamnya diberi es batu untuk menjaga suhu tetap stabil dan dingin.


Banyak orang yang ingin memelihara hamster bertanya, pakan apa yang cocok untuk hamster? Kita perlu mengingat bahwa hasmter berasal dari daerah padang rumput sub tropis. Dengan demikian, dapat ditebak bahwa di tempat asalnya hamster makan biji-bijian. Hanya dengan memberi satu jenis pakan hamster tidaklah bijak, karena kebutuhan gizi hamster pasti tidak akan terpenuhi. Berikut adalah pakan yang cocok untuk hamster:

Kacang Tanah
Kacang tanah mengandung banyak lemak. Kacang tanah penting untuk membuat hamster merasa kenyang. Lemak akan disimpan untuk cadangan energi. Pemberian kacang tanah sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini penting untuk menghindari kegemukan pada hamster. Selain itu, kelebihan lemak dapat mengakibatkan serangan jantung.

Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari sangat disukai orang. Kebanyakan orang mengidentikan biji bunga matahari sebagai satu-satunya makanan hamster. Padahal ini tidak benar. Hanya memberi hamster dengan biji bunga matahari akan menyebabkan hamster mengalami kekurangan gizi dan obesitas karena biji bunga matahari mengandung lemak tinggi. Seperti halnya pemberian kacang tanah, pemeberian biji bunga matahari hendaknya dibatasi. Memang benar bahwa hamster sangat menyukai biji bunga matahari, namun demikian sangatlah bijak jika kita mengendalikan nafsu makan mereka. Biji bunga matahari juga dapat digunakan untuk menjinakkan hamster. Dengan memberikan biji bunga matahari mengunakan tangan kita, lama kelamaan hamster akan terbiasa dengan tangan kita dan semakin mudah untuk dipegang.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai adalah biji-bijian yang kaya protein. Pemberian kacang kedelai baik diberikan kepada hamster supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, kacang kedelai kering baik untuk mengasah gigi hamster karena keras. Perlu diketahui bahawa gigi hasmter terus tumbuh dan perlu diasah agar tidak terlalu panjang.

Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin mutlak diperlukan untuk sebagai zat pengatur dalam tubuh. Kacang hijau yang keras juga baik untuk mengasah gigi hamster.

Beras Merah
Beras merah banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dapat menjadi kurus. Beras merah juga baik untuk perkembangan otak.

Padi/Gabah
Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yang kaya akan pro-vitamin D.

Konsentrat
Konsentrat adalah campuran dari berbagai jenis makanan yang sudah diramu oleh pabrikan. Pemberian konsentrat juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Pemberian konsentrat harus disertai pemberian air minum yang cukup karena biasanya konsentrat menyebabkan haus.

Wortel
Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat-zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Wortel yang diberikan adalah wortel lokal yang berukuran besar dan dalam kondisi segar namun masih muda (belum berkayu). Wortel impor tidak disarankan karena disinyalir mengandung zat pengawet dan obat-obatan untuk menjaga penampilan hamster. Pemberian wortel juga baik untuk mejaga kesehatan mata, terutama pada hamster albino/bermata merah. Hamster-hamster bermata merah dikenal mudah terkena katarak. Jika pada kandang hamster terdapat botol minum, makan pemberian wortel cukup 1 iris per ekor. Jika kandang tidak diberi botol minum, pemberian wortel dapat juga digunakan sebagai pengganti air minum. Untuk hamster siria diberi 3 iris wortel per ekor per hari. Sedangkan untuk hamster mini, cukup 2 iris wortel per ekor per hari. Untuk hamster hamil dan menyusui, perlu di beri lebih. Mengganti air minum dengan wortel sebenarnya tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi lebih cepat bau. Cara ini boleh diterapkan untuk kondisi darurat, misal: botol minum rusak.
Tips: untuk menjaga mutu wortel agar tidak cepat busuk, pilih wortel yang besar dan mulus. Jangan cuci wortel. potong kedua ujung wortel sebelum disimpan. Kedua ujung wortel adalah titik pertama busuk. Simpan dalam wadah kedap (seperti stoples), dan masukkan dalam lemari es. Wortel tidak akan kehilangan kualitasnya.

Taoge
Taoge adalah kecambah dari kacang hijau. Taoge cukup diberikan sedikit saja setiap harinya. Taoge mengandung banyak sekali vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster.

Air
Semua makhluk hidup memerlukan air. Begitu juga hamster. Walaupun hamster berasal dari daerah padang rumput yang minim air, tetap saja hamster membutuhkan air. Air dapat diberikan dalam botol minum hamster yang dapat dibeli di pasaran. Dalam kebutuhan darurat, air dapat diganti dengan wortel. Kebutuhan air akan meningkat drastis pada saat hamster hamil, melahirkan, dan menyusui.

Segala Jenis Sayuran Daun
Kembang Kol
Sawi
Beberapa jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun tidak baik diberikan berlebihan kepada hamster. Hamster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berbagi jenis sayuran berdaun, terutama sayuran berdaun putih. Sawi dapat menyebabkan kelemahan pada tulang punggung.
Kangkung
Beberapa jenis sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan mulas. Pemberian sayuran secara berlebih dapat menyebabkan hamster terlalu sering buang air besar, bahkan mencret. Gejala ini dapat diketahui dari pantat hamster yang selalu basah. Jika hamster mengalami mencret, hentikan pemberian sayuran (termasuk wortel) dan ganti dengan biji-bijian atau konsentrat. Kebutuhan akan air juga meningkat pada saat hamster mengalami diare.

Cabai dan Masakan Pedas
Cabai dan masakan pedas lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Cabai membuat sensasi pedas dengan menggerus lidah sehingga berbahaya bagi hamster. Selain itu, bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada hamster.

Ikan Asin dan Masakan Bergaram Lainnya
Ikan asin dan masakan yang mengandung garam lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Pemberian pakan jenis ini pada hamster dapat mengakibatkan bulu hamster rontok.

Coklat
Permen
Coklat dan Permen
Coklat dan permen adalah makanan berbahaya bagi hamster. Coklat sendiri bersifat racun bagi hamster. Sedang pada permen, seringkali mengandung zat-zat kimia yang memang tidak pernah ada dalam makanan hamster. Selain itu, kandungan gula pada keduanya tidak baik bagi kesehatan hamster.

Makanan Instant Pabrikan
Makanan instant baik berupa snack, mie, atau apapun bentuknya dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, tidak boleh diberikan kepada hamster. Serinkali makanan ini mengandung zat kimia sebagai bahan pewarna dan pengawet yang tidak dapat ditoleransi hamster. Dalam jumlah berlebih, zat kimia ini dapat menyebabkan tumor, kanker, dan gangguan kehamilan. Selain itu, makanan instant hampir dapat dipastikan mengandung garam, sehingga dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster.

Meracik makanan hamster sendiri bagi beberapa orang bukanlah pekerjaan mudah. Beberapa pabrikan telah meracikkan makanan hamster untuk Anda. Mau makanan racikan sendiri atau pabrikan, berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakan hamster yang baik:
1. Ingat: hamster adalah binatang yang lemah. Jadi Anda tidak bisa memberi sembarang makanan.
2. Pilih pakan yang mengandung makanan alami.
3. Hindarkan memilih makanan pabrikan yang mengandung pewarna. Pewarna hanya untuk menarik pemilik hamster, tetapi belum tentu baik bagi hamster. Jika zat pewarna yang digunakan ternyata berbahaya, dapat berisoko kanker bagi hamster.
4. Perhatikan isi kemasan, jika makanan hamster hanya berisi pelet atau sejenisnya (bukan makanan alami) sebaiknya tidak dibeli atau diberikan kepada hamster. Beberapa merek di pasaran Indonesia membuat makanan hamster dengan pelet ikan. Hindari makanan hamster yang tidak pada tempatnya. Hamster bukan ikan.
5. Makanan hamster tidak boleh berkutu, bersemut, atau serangga lain.
6. Jika makanan sudah berjamur, sebaiknya tidak dibeli/diberikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar